Wednesday, July 23, 2014

XDelta GUI

XDelta adalah sebuah program berbasis commandline yang bisa membuat perbandingan antara 2 file. karena kemampuannya yang bisa membuat perbandingan antara 2 file itu, XDelta bisa digunakan untuk membuat file update. seperti update program yang biasa kita jumpai. file update berisikan informasi yang harus ditambahkan kepada file lama, sehingga file lama tersebut jika diupdate akan menghasilkan file baru (versi baru yang sudah diupdate). Konsepnya, XDelta digunakan untuk mencari perbedaan antara versi 1 dan versi 2 file. sehingga didapatkan file diff (perbandingan) antara dua versi file tersebut. kemdian XDelta digunakan lagi untuk mem-patch file lama menggunakan file diff yang telah didapat tadi, sehingga outputnya didapatkan file versi lama yang sudah di update menjadi file versi baru. XDelta dapat digunakan untuk semua file binary.
XDelta sekarang menginjak versi ke 3. setelah dimunculkan pertama pada 1997 oleh developernya Andrew Tridgell & Joshua MacDonald.
Kemudian ane tertarik untuk membuat GUI program ini, karena tidak semua orang "sehe" menggunakan commandline. menurut sebagian banyak orang, commandline itu membuat lama karena harus mengetik command lagi untuk memjalankan prosesnya. apalagi sekarang kebanyakan program sudah menggunakan GUI. orang-orang juga banyak kenal program ya program GUI. tidak banyak yang mengetahui ada program yang berjenis commandline (no GUI).


sebenarnya sederhana saja, program ini cuma membuatkan command untuk anda dan kemudian menjalankannya. tetapi setelah ane browsing, ternyata sudah ada orang yang membuat GUI untuk XDelta. sehingga membuat ane berpikir lagi untuk membuat GUI yang berbeda. kemudian ane menemukan ada fitur lain yang tidak ada didalam GUI XDelta yang sudah tersebar di internet, yaitu file Checksum. Checksum file ini berfungsi untuk memastikan file yang sedang anda gunakan adalah file asli yang belum diubah atau diinfeksi virus dan sebagainya. karena ane juga pengennya XDelta GUI ane ini digunakan oleh masyarakat luas, jadi ane sematkan lah fitur checksum dalam program ini. metode checksum sendiri ada banyak macamnya, tapi yang ane gunakan adalah SHA256Checksum. mengingat checksum jenis ini tidak terlalu ribet, cepat, juga sudah termasuk standar checksum.
kemudian, plusnya di GUI XDelta yang ane kembangkan, ia memiliki 2 mode, yaitu mode create patch (membuat patch), dan apply patch (menerapkan patch). juga tampilannya yang user friendly juga step by step. sehingga tidak akan membuat bingung pemula.
at least, GUI XDelta ane ini, ane kembangkan sendiri dengan bahasa pemograman C#.NET 2.0, jadi uat yang pengen nyoba, jangan lupa pastikan terlebih dahulu di system anda sudah terinstall .NET 2.0, silahkan coba sendiri GUI XDelta ane. ane tunggu review dari agan-agan.. :3

Download

0 komentar:

Post a Comment